Khasiat Buah Rambutan

April 28, 2010 uciindriani
Tag:

Tanaman dataran rendah ini ditanam sebagai pohon buah. Tingginya bisa mencapai sekitar 15-25 m dan memiliki banyak cabang. Daunnya majemuk menyirip dengan letak yang berseling. Bunga yang berwarna hijau muda, tersusun pada tandan di ujung ranting dan berbau harum.

Bentuk buah bulat lonjong, dengan duri bengkok menempel. Kulit buah berwarna hijau, dan menjadi kuning atau merah jika buah sudah masak. Semenatra biji berbentuk elips, terbungkus daging buah berwarna putih transparan, banyak mengandung air dan dapat dimakan. Rasa buah pun bervariasi dari masam hingga manis.

Kandungan :
Buah pada tanaman tropis ini mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium, dan vitamin C. Kandungan tanin dan saponin terdapat pada bagian kulit buah dan daun. Sementara bijinya mengandung lemak dan polifenol.

Khasiat :
Rambutan yang memerlukan iklim lembab untuk tumbuh ini, memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Kulit buah dari tanaman ini dapat digunakan sebagai penurun panas dan obat disentri. Daunnya dapat menyembuhkan diare dan menghitamkan rambut. Sedangkan biji buah berkhasiat menurunkan kadar gula darah (hipoglikemik).

Pengobatan :
* Kencing manis
Sediakan 5 (lima) biji rambutan lalu gongseng dan giling sampai menjadi serbuk. Seduh dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin, minum airnya sekaligus 1–2 kali sehar

Iklan

Entry Filed under: Info Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

April 2010
S S R K J S M
    Mei »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: